Total Tayangan Laman

Senin, 01 November 2010

contoh proposal PKL Politeknik Negeri Lhokseumawe

PROPOSAL
PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

Diajukan Oleh :
                                    Saiful Wathan                   (080303192)



JURUSAN TEKNIK MESIN
POLITEKNIK NEGRI LHOKSEUMAWE
JULI 2010
 



A.    Nama Kegitan            :  Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa
B.     Bidang Ilmu               : Teknik Mesin
I . Dasar Pemikiran
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan faktor pendukung yang sangat dominan dalam mencapai tujuan pendidikan di ruang lingkup Politeknik Negeri Lhokseumawe. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan-lulusan siap pakai dan berkompetensi di bidangnya. Demi menjadi tenaga kerja profesional yang dapat dipakai diperusahaan ataupun dunia perindustrian. Hal ini juga didukung oleh kualitas dari perusahaan yang kami jadikan tujuan kegiatan praktek kerja lapangan, yaitu PLTD LUENG BATA sebagai salah satu perusahaan listrik yang ada di Provinsi Aceh.
Dalam kegiatan praktek kerja lapangan yang akan kami lakukan, kami ingin memperdalam wawasan tentang mesin pembangkit listrik tenaga diesel, karena hal tersebut lebih objektif apabila kami mempelajarinya secara langsung dilapangan, sehingga kami dapat menjadikannya sebagai perbandingan antara ilmu yang kami dapat dari teori dibangku perkuliahan dengan yang terjadi dilapangan.
Adapun tujuan utama kegiatan praktek kerja lapangan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dibidang analisa dan penyelesaian masalah yang ada pada industri atau perusahaan dengan langsung melihat, belajar, bekerja dan mengaplikasikannya dengan ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan.
Dalam kegiatan praktek kerja lapangan kami juga ingin mempelajari dan memahami prinsip kerja sistem start up mesin diesel secara mendalam yang ada pada pembangkit listrik milik PLTD LUENG BATA, agar menambah wawasan kami sebagai mahasiswa tentang penerapan ilmu perkuliahan kami di perusahaan. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menciptakan sifat tanggung jawab terhadap pekerjaan dan sifat disiplin dalam bekerja kepada mahasiswa sebagai calon pekerja professional.
Adapun manfaat yang akan diterima oleh pihak perusahaan adalah sebagai tanggung jawab sosial dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang profesional. Manfaat lainnya adalah sebagai bahan rujukan untuk mengetahui eksistensi perusahaan dilihat dari sudut pandang masyarakat khususnya mahasiswa yang melakukan paktek kerja lapangan.

II. Perumusan Masalah
Setelah kami mempelajari mata kuliah mesin konfersi energi (MKE), kami sangat merasa berkaitan dengan permasalahan yang kami ambil. Karena untuk mendapatkan pembelajaran yang lanjut dilapangan yaitu tentang pembangkit listrik yang mengunakan mesin diesel milik PLTD LUENG BATA.
III. Metodelogi praktek kerja lapangan
Metode praktek kerja lapangan yang kami usulkan meliputi konsultasi teknis yang sesuai dengan bidang ataupun permasalahan yang kami pilih dan menjadi masukan yang dianggap penting bagi kami sebelum terjun kelapangan langsung. Seperti menajemen perusahaan yang mencakup segala sesuatu tentang struktur organisasi perusahaan, tata letak industri, tenaga kerja, keselamatan kerja.

IV. Waktu pelaksanaan PKL
Jadwal pelaksanaan praktek kerja lapangan yang kami usulkan yaitu mulai tanggal 10 Agustus 2010 sampai 10 September 2010. Karena di bulan Agustus bersamaan dengan libur waktu puasa sehingga mahasiswa yang bersangkutan tidak banyak ketinggalan pelajaran dibangku perkuliahan.

V. Sumber dana
Sebagai sumber dana selama kegiatan ini, kami sangat mengharapkan bantuan dari pihak perusahaan dimana kami praktek kerja lapangan ini dilaksanakan.

C.  Penutup

Demikian proposal parktek kerja lapangan ini dibuat, kami sangat berharap agar dapat praktek diperusahaan yang bapak/ibu pimpin. Atas kebijakan bapak/ibu kami ucapkan banyak terima kasih.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar